NAMA : JANUARD WADU & MAHMUD BUNGA

                                                        KLS : X TKJ 1





                                                                    akses point N301


PENGERTIAN AKSES POINT.

 Access point merupakan salah satu perangkat keras yang sangat kuat kaitan-nya dengan internet. Itu dikarenakan fungsi dasar access point adalah menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainya secara nirkabel. Hal ini hampir sama dengan yang di terapkan dalam penggunaan wi-fi, yang dapat menghubungkan perangkat secara nirkabel seperti laptop atau handphone yang terhubung pada jaringan wi-fi.

Access Point Sebagai WLAN

WLAN singkatan dari Wireless Local Area Network. Mengapa access point bisa digunakan sebagai WLAN? Mari kita simak secara seksama. Access Point akan mengirim dan menerima data yang dihubungkan dengan perangkat lain seperti router, hub ataupun switch. Istilah lainnya Access Point akan digunakan sebagai sumber internet yang akan disebarkan ke beberapa perangkat yang sudah disebutkan tadi.

Fungsi-Fungsi Access Point

Setelah mempelajari tentang pengertian access point sekarang kita akan beralih ke fungsi-fungsi dari access point, ada dibawah ini:

  • Acces point dapat menyebarkan sinyal internet kepada perangkat lainnya melalui jaringan nirkabel atau tanpa kabel.

  • Acces point dapat menjadi sebuah penghubung dengan jenis perangkat yang berbeda seperti jaringan nirkabel dan kabel.

  • Acces point juga dapat mengatur sebuah ip address secara otomatis untuk perangkat lainnya yang terhubung.

 

Tipe-Tipe Access Point

1. Repeater Mode

Access point tipe ini fungsinya lebih ke arah untuk menambahkan jangkauan sinyal nirkabel dengan SSID (Service Set Identifier) dan keamanan yang sama. Biasanya mode ini juga di gunakan untuk memperkuat sinyal pada tempat-tempat yang memiliki jaringan wireless tapi pemancaran sinyalnya tidak merata, seperti di pegunungan.

 

2. Access Point Mode

Acces point tipe ini adalah perangkat yang digunakan atau dapat digunakan untuk menyambungkan jaringan kabel dan nirkabel. Sistem kerjanya hampir sama dengan sistem kerja switch dan letaknya biasanya ada di balik router. Tipe ini sering kali kita jumpai di tempat-tempat yang hanya menyediakan jaringan berkabel.

3. Client Mode

Access point tipe ini dapat kita jumpai pada perangkat elektronik yang memiliki port ethernet, seperti: laptop, pc, dan lain sebagainya.

 

4. Wireless Router Mode

Access point tipe ini memiliki kemampuan untuk membagikan satu koneksi internet ke beberapa client. Dalam mode ini, hanya terdapat satu port wan (Wide Area Network) yang dapat mendukung beberapa jenis koneksi.

 

5. Bridge Mode

Access point tipe bridge mode ini, memiliki cara kerja dengan cara membuat dia jaringan individu dalam satu internet untuk dua grup. Alat ini berfungsi dengan memanfaatkan jaringan nirkabel dan menyebarkannya dengan menggunakan SSID dan password yang sama. Tipe ini sering kali kita jumpai di tempat seperti perkantoran, rumah, dan cafe yang menyediakan layanan internet tanpa harus menggunakan password.

Cara Setting Access Point

Saat ini banyak yang memilih menggunakan access point tp link, dikarenakan access point tp link merupakan salah satu access point terbaik.

Berikut ini cara setting acces poit tp link:

  1. Sebelumnya, Anda harus menyiapkan access point, kemudian memasang antena, kabel arus atau power, kabel LAN pada access point dan menghubungkan kabel LAN ke perangkat komputer ataupun laptop.
  2. Setelah itu, setting IP addres dengan cara masuk pada control panel-network connection, lalu pilih internet protocol TCP/IP, klik properties, kemudian pilih use the following IP address.
  3. Langkah selanjutnya, isi IP address pada kolom yang tersedia. Kemudian klik ok dan close.
  4. Selanjutnya, Anda perlu memeriksa apakah sudah terkoneksi dengan benar, dengan cara klik start-run ketik cmd tekan enter. Setelah masuk di command prompt, masukkan IP address untuk memanggil IP address
  5. Setelah itu, akan muncul “reply from….” Anda dapat melihat IP address-nya pada bagian bawah access point.
  6. Langkah selanjutnya adalah melakukan setting access point dengan membuka browser dan mengetikkan IP address point yang telah ditentukan sebelumnya, lalu tekan enter.
  7. Kemudian, masukkan username dan password pada kolom yang tersedia, lalu tekan enter.
  8. Setelah itu, lakukan konfigurasi access point pada halam AP
  9. Langkah selanjutnya, masuk ke tab network, kemudian lakukan pengaturan standar dan klik
  10. Masuk ke tab wireless untuk melakukan setting SSID, region, dan mode. Lalu klik save.
  11. Kemudian masuk ke wireless mode, pilih access point dan checklist enable SSID broadcast lalu klik save
  12. Langkah terakhir adalah masuk ke DHCP, kemudian pilih enable dan klik save

Mungkin cara diatas bisa saja berbeda tergantung firmware dan seri access point yang digunakan.




  • MENGUBAH KECEPATAN AKSES POINT 
  • mengatur kecepatan akses point

Untuk mengatur kecepatan akses internet, klik panah bawah pada bagian download limit untuk perangkat yang ingin kita batasi kecepatan akses internetnya seperti contoh pada gambar di bawah ini.

wifi bandwidth3

Dari menu tersebut akan muncul beberapa pilihan kecepatan akses internet. Apabila kita ingin membatasi kecepatan akses internet lebih rendah daripada yang terdapat pada pilihan, maka klik opsi “manual”.

wifi bandwidth4.png

Setelah kita pilih opsi manual, maka kita bisa menuliskan batas kecepatan yang kita inginkan untuk perangkat tersebut. Untuk kebutuhan chatting dan menonton video, menurut pengalaman kami, batas kecepatan yang bisa ditetapkan adalah sekitar 0.8Mbps (atau setara 100KBps). Apabila semisal kita ingin membatasi akses internet anak-anak di hari efektif sekolah agar tidak terlalu sering menonton video atau bermain game online, kecepatan akses bisa kita batasi menjadi 0.1 ~ 0.2 Mbps. Pada kecepatan tersebut, akses internet menjadi sangat lambat dan hanya cukup lancar untuk berkirim pesan teks saja.

wifi bandwidth5.png

Apabila kita sudah selesai menetapkan batas kecepatan untuk masing-masing perangkat, maka tinggal klik “save” di bagian bawah.

  • SISTEM YG ADA DI DALAM AKSES POINT

sistem yg ada dalam  Access Point tak banyak diperhatikan, padahal access point memiliki peran penting dalam konektivitas. Fungsi access point sangat penting dalam sebuah konektivitas internet. Dengan access point inilah Wi-Fi dan jaringan internet dapat tersambung ke perangkatmu.

 ini dapat digunakan untuk menyediakan konektivitas jaringan di lingkungan kantor, memungkinkan karyawan untuk bekerja di mana saja di kantor dan tetap terhubung ke jaringan. Fungsi access point juga dimanfaatkan dalam pemasangan Wi-Fi hotspot di tempat umum.

Menggunakan internet tak hanya sekadar menikmati lancarnya koneksi. Mengenal komponen dan bagaimana cara berjalannya internet juga penting diketahui. Pengetahuan ini juga termasuk dalam fungsi access point yang begitu vital.

Pada dasarnya, prinsip kerja dan fungsi access point adalah menyiarkan sinyal nirkabel yang dapat dideteksi komputer, kemudian komputer dapat terhubung ke jaringan tanpa menggunakan kabel apa pun. Berikut fungsi access point.





Wireless access point (WAP) yang juga dikenal sebagai access point adalah perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim dan menerima data. alur akses menghubungkan pengguna ke pengguna lain dalam jaringan dan juga berfungsi sebagai titik interkoneksi antara WLAN dan jaringan kabel tetap.

Dilansir dari Bakti Kominfo, Pada access point terdapat antena dan transceiver, komponen ini bertugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Untuk bisa memancarkan sinyal wifi tersebut, biasanya access point akan disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub atau switch melalui kabel ethernet.

Dengan keberadaan access point ini sinyal wifi dapat menjangkau semua ruangan atau area walaupun banyak tembok atau sekat yang menghalangi.

INFORMASI TENTANG AKSES POINT 

Wireless access point (WAP) yang juga dikenal sebagai access point adalah perangkat keras yang digunakan dalam jaringan area lokal nirkabel untuk mengirim dan menerima data.

SISTEM CARA KERJA AKSES POINT



Access point terhubung langsung ke jaringan area lokal berkabel, biasanya Ethernet. Access point kemudian menyediakan koneksi nirkabel menggunakan teknologi LAN nirkabel, biasanya Wi-Fi, untuk perangkat lain yang menggunakan koneksi kabel itu. Access point mendukung koneksi beberapa perangkat nirkabel melalui satu koneksi kabelnya.

Access point bekerja saat ada perangkat yang mencoba mengakses jaringan. Biasanya pada layar smartphone akan muncul tampilan yang berisi permintaan pengisian sandi. Selanjutnya access point akan mengatur agar perangkat tersebut bisa terhubung dengan cara mencocokan apakah sandi yang dimasukan ke access point sudah benar atau belum.

Apabila sandi yang dimasukan sudah tepat maka akan memberikan alamat IP ke perangkat supaya bisa terhubung ke jaringan. Access point menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF (Radio Frekuensi) yang dibentuk oleh wifi dengan jalur data elektrik pada kabel ethernet.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN AKSES POINT.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan access point, antara lain sebagai berikut.

Keuntungan dari Access point:

  • Pengaturan mudah
  • Bila menggunakan hardware khusus, maka tidak perlukan sebuah pc berjalan 24 jam untuk melayani jaringan.
  • Keuntungan terakhir yang dimiliki oleh access point adalah system keamanan nya lebih terjamin.

Kekurangan dari Access point:

  • Lemahnya konfigurasi
  • Masih menggunakan tipe enkripsi WEP (Wired Equivalent Privacy)


Spesifikasi
  • CPU Processor: Broadcom 300MHz.
  • Antenna Beamwidth: Horizontal: 60 Vertical: 30.
  • Waterproof Level: IP64.
  • Dimension: 270 x 94.86 x 67.5mm.
  • Frequency: 2.4GHz.
  • Interface: 1x FE PoE/WAN/LAN port; 1x FE LAN Port; 1x Grounding Terminal; 1x RESET Button.
  • Maximum Power Consumption: 6W.
  • Lightning-proof: 4KV.











Komentar