HOME

    
   1.Connect to the internet
- pengertian Connect 

Pengertian connect – Dulu mungkin masih banyak yang belum tahu dengan apa itu connect? Namun semakin berkembanya teknologi di bidang internet kini istilah connect bukanlah hal yang asing lagi bagi kita. Tentunya teman-teman sudah tahu kan dengan apa yang dimaksud dengan connect? Pasti sudah banyak yang tahu, namun bagi kamu jika ada yang masih belum tahu dengan arti dari kata connect pada bidang internet. Maka pada pembahasan ini kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian dari kata connect. Oke langsung saja silahkan simak definisi connect berikut ini.

Pengertian Connect



- fungsi dari connect to the internet

Internet tentu memiliki manfaat selain menghubungkan komunikasi global, adapun manfaat lainnya ialah sebagai media informasi dan hiburan. Internet akan menjadi media penyimpan segala informasi yang baik dan bisa ditelusuri oleh mesin teulusur yang sudah banyak tersedia di internet, misalnya Google, Ducduckgo, dan masih banyak mesin telusur lainnya. Segala informasi yang ada di internet akan mempermudah dalam menjalani kehidupan.

Selain informasi juga terdapat hiburan yang ada di internet. Hal tersebut di zaman modern ini kerap dimunculkan pada platform media social. Platform media social terbukti efektif membuat kreasi yang inovatif dan dapat menghibur pengguan internet.

Lalu manfaat internet yang lain ialah sebagai sarana pendukung kegiatan pendidikan. Seperti diketahui bahwa internet adalah media termudah untuk mendapatkan informasi. Informasi tersebut bisa berbentuk bahan materi untuk pendidikan. Banyak bahan materi belajar ataupun buku online yang tersebar di internet.

Manfaat selanjutnya dari internet ialah internet bisa digunakan untuk sarana pendukung kegiatan ekonomis. Hal ini sudah jadi hal lumrah, bahwa dengan internet, bisa menghasilkan uang melalui pemasukan iklan. Selain itu media youtube bahkan terbukti efektif menghasilkan banyak pemasukan.



2. Set up wlan
- penegertian set up wlan 

gambar jaringan wifi

Cara Mengaktifkan Jaringan Wifi

Jika laptop Anda ingin terkoneksi dengan wifi, maka anda perlu melakukan setting hardware maupun software. Konfigurasi hardware meliputi mengaktifkan tombol atau shortcut fn + f**.

Masing-masing notebook mempunyai cara berbeda untuk mengaktifkan, biasanya adalah pakai tombol fn dan F1-F12, Anda bisa lihat dari F1 sd F12 itu apa ada logo wifi atau tidak. Jika tidak ada, anda bisa cek di samping kiri, kanan depan belakang laptop, biasanya ada tombol yang perlu digeser atau dipencet agar wifi aktif.

Perbedaan LAN dan Internet

LAN adalah jaringan yang menghubungkan antar jaringan lokal, artinya jaraknya relatif dekat, biasanya cukup disambungkan dengan kabel jaringan awatu wlan. Biasanya LAN ini untuk berkomunikasi antar device dalam 1 kantor, kampus atau restoran dan cafe.

Internet adalah jaringan yang menghubungkan device dengan jaringan global di dunia maya, sehingga bisa melakukan komunikasi antar daerah yang berjauhan meskipun beda lokasi. Membuka website, sosial media, streaming adalah contoh internet.

Sehingga bisa saja terjadi laptop Anda connect ke Wifi tapi tidak connect internet, kenapa? Karena jaringan wifi hanya menyebarkan LAN saja, mungkin internet sedang gangguan. Anda bisa komunikasi sharing data antar perangkat, tetapi tidak bisa berinternetan.

Di perkantoran sering sekali terdapat LAN dan internet, tujuannya kalau internet mati, LAN masih bisa jalan. Sehingga antar komputer masih bisa bekerja sama untuk menyelsaikan pekerjaan meskipun tanpa koneksi internet.

- fungsi drai set  up wlan 

Router adalah perangkat yang memungkinkan beberapa perangkat bisa terhubung ke internet. Selain itu, Fungsi router yang lainnya adalah mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju.

fungsi router

Saat ini, router merupakan perangkat yang penting di kantor, kafe, atau rumah. Dengan router, Anda bisa membuat jaringan WiFi sendiri. Perangkat yang membutuhkan koneksi internet, seperti: laptop, smartphone, dan tablet bisa menjalankan fungsinya secara optimal.

3. check my network status

- pengertian dari check my network status

Untuk melakukan ini, buka Pengaturan> Jaringan & Internet> Penggunaan Data. Anda dapat menekan Windows + I untuk membuka aplikasi Pengaturan dari mana saja di Windows 10.

Klik nama jaringan di bawah bagian "Ikhtisar" atau klik "Lihat Penggunaan Per Aplikasi." Bagaimanapun, layar yang sama akan muncul.

Anda mungkin akan melihat daftar aplikasi dan penggunaan datanya di jaringan Wi-Fi Anda saat ini bersama dengan tombol "Reset statistik penggunaan" berwarna abu-abu. Anda juga dapat melihat beberapa informasi penggunaan jaringan aplikasi di Task Manager.

- fungsi dari check my network status

Fungsi Network 
            Network  adalah salah satu icon yang terdapat pada Sistem Operasi Windows 7. Pada dasarnya, Network  adalah jantung dari kategori jaringan dan internet yang akan digunakan. Network  merupakan sebuah opsi yang didalamnya memuat berbagai tool-tool yang berfungsi sebagai pemeriksaan, pengontrolan dan pengubahan mengenai sistem jaringan serta internet.
            
            Untuk membuka Network tersebut kita harus membuka Control Panel terlebih dahulu. karena Control Panel merupakan sebuah folder khusus yang berisi alat-alat (Sistem Perangkat Lunak) yang di gunakan untuk mengkonfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak.

            Berikut adalah tampilan icon Network yang terdapat pada halaman Control Panel di Sistem Operasi Windows 7.

Image 1. Control Panel

Kategori Jaringan dan Internet
           Jaringan dan Internet adalah salah satu bagian dari Control Panel yang terdapat pada Sistem Operasi Windows 7. Jaringan dan Internet berisi semua alat-alat yang berfungsi untuk berbagi File dan Computer, dan mengkonfigurasikan sambungan Internet.



























Komentar