NAMA-NAMA ANGGOTA           

  • JANUARD WADU 
  • OKTAVIANUS NGERA 
  • SAMUEL MANGARE
  • MAHMUD BUNGA       


KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA( K3 ) PT. PERTAMINA (PERSERO)

  • Pengertian K3LH

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, K3LH adalah singkatan dari Kesehatan dan Keselamatan Kerja dan Lingkungan Hidup. Tujuan K3LH yang utama adalah menciptakan lingkungan sehat dan aman. Namun, apa sebenarnya K3LH itu?

Dilansir dari laman resmi Disnakertrans Provinsi Banten, menurut Filosofi Mangkunegara bahwa K3LH adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

Sementara itu, pengertian K3LH menurut Keilmuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua ilmu dan penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, ledakan dan pencemaran lingkungan.

Sedangkan menurut OHSAS 18001, K3LH adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di tempat kerja.

Dari semua pengertian K3LH dari berbagai sudut pandang tersebut, bisa diambil kesimpulan bahwa K3LH adalah sebuah program yang memberikan upaya perlindungan yang ditujukan agar tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja selalu dalam keadaan sehat dan selamat untuk menjaga produktivitas kerja.

Dalam buku berjudul Manajemen Lingkungan Kerja (2004), Moekijat mengungkapkan bahwa program K3LH karena adanya tiga faktor penting. Faktor yang pertama adalah faktor kemanusiaan. Hal ini dimanifestasikan dalam bentuk upaya pencegahan kecelakaan kerja atas dasar perikemanusiaan yang sesungguhnya.

Upaya pencegahan tersebut diharapkan dapat mengurangi sebanyak-banyaknya rasa sakit dari pekerjaan yang diderita, luka, serta efek terhadap keluarga.

Undang-Undang juga memiliki peranan penting dalam terselenggaranya K3LH. Ada ancaman sanksi tegas bagi mereka yang tidak menerapkan K3LH di lingkungan kerja.

Faktor terakhir adalah alasan ekonomi. Kesehatan dan keselamatan kerja sangatlah penting, karena biaya kecelakaan dampaknya sangat besar bagi perusahaan.

  • Manfaat dan Tujuan K3LH

Diselenggarakannya program K3LH tentunya diharapkan dapat menghadirkan manfaat, baik itu bagi perusahaan, maupun bagi karyawan. Manfaat K3LH antara lain adalah, perusahaan akan menjadi lebih bermutu dan sistematis untuk berkembang lebih cepat.

Sedangkan untuk karyawan, penyelenggaraan program K3LH akan membuat mereka merasa lebih aman, lebih sehat dan nyaman. Jika kenyamanan dalam bekerja bisa terwujud, akan tercipta hubungan yang lebih harmonis antara para pekerja dan perusahaan tempat mereka bekerja sehingga menghasilkan produk yang maksimal sesuai misi perusahaan.

Sedangkan tujuan dari K3LH sendiri sebenarnya sudah tertuang dalam UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, bahwa tujuan K3LH adalah mencegah terjadinya kecelakaan dan sakit akibat kerja, memberikan perlindungan pada sumber-sumber produksi sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Hal ini tentu sangat penting mengingat apabila kesehatan pegawai buruk jelas akan memengaruhi produktivitas.

Secara rinci, tujuan K3LH adalah sebagai berikut:

1. Melindungi dan menjamin keselamatan setiap tenaga kerja dan orang lain di tempat kerja.

2. Menjamin setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien.

3. Meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas nasional.

4. Agar setiap perlengkapan dan peralatan kerja digunakan sebaik-baiknya selektif mungkin.

5. Agar adanya jaminan atas pemeliharaan dan peningkatan kesehatan gizi pegawai

6. Agar meningkatnya kegairahan, keserasian kerja dan partisipasi kerja.

7. Agar terhindar dari gangguan kesehatan yang disebabkan oleh lingkungan atas kondisi kerja.

8. Agar setiap pegawai merasa aman dan terlindungi dalam bekerja.


PROGRAM KERJA K3LH

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah upaya perlindungan yang ditujukan agar tenaga kerja dan orang lainnya di tempat kerja/perusahaan selalu dalam keadaan selamat dan sehat, serta agar setiap sumber produksi dapat digunakan secara aman dan efisien

KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K3)



KESELAMATAN

Pertamina menjamin semua pekerja dapat bekerja secara Sehat dan dengan gaya hidup yang sehat juga". Kesehatan adalah Aset yang sangat penting dalam bekerja dan beraktifitas, sehingga Pertamina mengadakan program-program untuk mendukung Kesehatan Pekerjanya. Objective: 1. Mencegah Penyakit akibat Kerja. 2. Menciptakan Iklim Kerja yang sehat serta mendukung Kesehatan Pekerja secara Optimal.Alat Pelindung Diri 1. Masker 2. Gas pemadam kebakaran 3. Helm ( untuk tugas luar) 4. Baju anti api (untuk tugas luar) 5. Ear plug, ear muff 6. Rompi 7. Sepatu Karet

  1. Pertamina menjamin lingkungan Kerja yang ramah lingkungan
KESEHATAN KERJA
 "Pertamina menjamin semua pekerja dan mitra untuk bekerja dengan aman dan dapat Selamat kembali kepada keluarga di rumah.“ Pertamina beserta Manajemen dan Pekerjanya sangat memperhatikan Aspek- Aspek Keselamatan dalam bekerja dan beraktifitas. Keselamatan adalah Prioritas utama yang tidak dapat diabaikan, walaupun pencapaian-pencapaian lain dalam hal produksi dan pemasaran adalah tujuan
 perusahaan. Pencapaian target produksi dan keberhasilan pemasaran akan menjadi percuma jika aspek keselamatan tidak diperhatikan, untuk itulah semua Pekerja berkomitmen dalam hal mendukung dan memperhatikan aspek keselamatan dalam bekerja. Objective: 1. Tanpa Insiden. 2.Menghilangkan faktor-faktor resiko Kecelakaan Kerja.

LINGKUNGAN HIDUP
Sebagai perusahaan energi kelas dunia, Pertamina juga mengusung konsep ramah lingkungan (green concept), tidak hanya dalam kegiatan operasional kilang dan aktivitas bisnis perusahaan lainnya melainkan juga pada bangunan. Konsep bangunan hijau (green building) ini tentunya mencerminkan semangat penghematan energi dan operasional berwawasan lingkungan sesuai visi dan misi perusahaan.





Komentar